Tangkap Pejabat Kementerian PUPR, Segini Barbuk yang Diamankan KPK


BARBUK OTT: Penyidik KPK memperlihatkan barang bukti uang suap hasil operasi tangkap tangan (OTT) beberapa waktu lalu (Issak Ramadhan/JawaPos.com)

JawaPos.com – Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan menangkap pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Selain menangkap dua pejabat kementerian yang dipimpin Basuki Hadimuljono, tim juga mengamankan sejumlah pihak lain dalam operasi kedap yang dilakukan Jumat (28/12) ini.

“Dari PUPR, PPK dan Kasatker yang diamankan, dari pihak luar ada belasan orang lagi,” terang sumber penegak hukum yang enggan disebutkan namanya, kepada JawaPos.com, Jumat (28/12).

Tak hanya itu, tim juga mengamankan sejumlah barang bukti uang suap yang diduga dimainkan dalam kasus dugaan korupsi tersebut. “Sekitar Rp 500 juta dalam bentuk dolar barang buktinya,” kata sumber penegak hukum lain.

Kendati demikian, sumber tersebut belum bersedia menjelaskan total komitmen fee serta perkara yang dimainkan pejabat tersebut, sehingga diciduk Tim OTT KPK.

Terpisah ketika dikonfirmasi perihal adanya OTT Ini, baik pimpinan maupun juru bicara KPK Febri Diansyah belum bisa dikonfirmasi. Sementara itu, sejumlah pihak yang diamankan, kini sebagian tengah di bawa ke markas KPK dan sebagian lagi tengah menjalani pemeriksaan intensif oleh tim penyidik KPK.